Susahnya Jadi Pemain Basket Hebat


Untitled-9

Pada suatu ketika aku masih duduk dibangku smp, aku suka main basket. Alasan utama aku memilih untuk main basket yaitu aku ingin memiliki tubuh yang tinggi seperti para pemain basket pada umumnya. Jadi, disekolah aku ikut extrakulikuler basket.

Hari pertama mengikuti ekstrakulikuler basket aku masih tidak tahu cara memainkannya. Bahkan aku sempat takut ketika disuruh untuk mendribel bola, bukan takut karena pelatihnya serem, tetapi karena aku tidak bisa memainkannya. Akhirnya kupaksakan diriku untuk mendribel bola basket tersebut, karena masih pemula, bola yang aku dribel masih lepas-lepas. Lama kelamaan akupun mulai percaya diri untuk mendribel bola, meskipun aku masih belum bisa mendribelnya. Panjangnya antrian untuk mendribel bola membuatku hanya mendapatkan sedikit kesempatan untuk mendribel bola. Maklum, masih ekstrakulikuler tingkat smp, hanya bisa latihan dengan bola seadanya tetapi dengan jumlah pemain yang relatif banyak.

Ekstrakulikuler yang ada disekolah hanya dilaksanakan seminggu sekali. Jadi, aku harus memanfaatkan kesempatan seminggu sekali itu untuk berlatih secara serius. Setelah agak lama berlatih basket, akupun memutuskan untuk mengikuti klub basket yang juga dilatih oleh pelatih ekstrakulikulerku. Aku dan teman-temanku sudah mulai bisa bermain basket, walaupun hanya mengerti beberapa peraturan saja.

Diklub basket yang aku ikuti, aku dan teman-temanku lainnya diberi latihan yang lebih dibandingkan saat mengikuti ekstrakulikuler, hal ini dilakukan supaya perkembangan kami dalam bermain basket dapat meningkat dengan baik. Tetapi, tidak berarti bahwa latihan basket yang dilakukan diekstrakulikuler tidak serius. Hanya saja pada saat ekstrakulikuler, jam latihan yang digunakan hanya sedikit.

Setelah mengikuti latihan yang serius dan melelahkan. Kemampuan kami akhirnya meningkat. Dari banyak laki-laki yang mengikuti ekstrakulikuler di smpku, sekarang hanya menyisakan 7 orang laki-laki saja yang satu angkatan dengan ku. Meskipun demikian, kamipun masih tetap serius dalam latihan. Kami sampai-sampai melakukan latihan hingga malam hari. Hasil yang didapatkan pun juga sangat baik.

Selain berlatih dan berlatih, kamipun sering melakukan sparing dengan smp lain. Salah satunya yaitu dengan smp 1 sekayu. Sayangnya kami masih belum bias memetik kemenangan. Banyak dari tim mereka adalah seorang atlet yang memang sudah mahir memainkan bola basket. Selain dengan smp 1 sekayu, kami juga pernah melakukan sparing dengan smp dari daerah Banyuasin III. Akhirnya, kami bisa memetik kemengan atas mereka.

Dan akhirnya, setelah menunggu lama. Kami pun mengikuti sebuah kompetisi bola basket yang diadakan dipalembang. Namun, kompetisi ini hanyalah kompetisi three on three dan menggunakan system gugur. Kami mengirim dua tim, karena yang akan bermain hanyalah 3 lawan 3 saja.  Pada hari pertama pertandingan tim kedua langsung gugur setelah melawan salah satu smp yang cukup kuat didaerah Palembang. Keesokan harinya timku pun bermain melawan tim favorit disana, dengan kesungguhan dan kerja keras kami, kami pun dapat memetik kemenangan atas mereka. Pada hari berikutnya kami bertanding kembali melawan tim lain yang juga bersal dari daerah lain. Kami pun harus mengakui kekuatan mereka, akhirnya kami gugur. Maklum, baru pertama kalinya mengikuti kompetisi dan jam bertandingnya pun sangat sedikit.

Kompetisi yang aku ikuti tersebut menjadi kompetisi satu-satunya yang aku ikuti selama aku duduk dibangku smp. Meskipun hanya sekali mengikuti kompetisi bola basket, aku dan teman-temanku tetap giat melakukan latihan. Kami pun berharap, suatu saat nanti kami bisa menjadi seorang pemain bola basket yang hebat. Hal itu lah yang mendorong kami untuk tetap berlatih terus.

Categories: My Stories | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

